Sunday 10 November 2013

Cross breeding untuk kenari



Selamat datang di blog hargaburungkicau.blogspot.com yang di mana blog ini akan memebahas mengenai berbagai berbagai ragam jenis burung di Indonesia maupun sampai burung dunia, baik mengenai history burung , cara perawatan burung, cara ternak burung,budidaya burung, cara membuat burung kicau gacor,harga burung dan masih banyak lagi, adapun dalam postingan kali ini admin akan membahas tentang burung towa-towa berikut adalah ulasan lebih detailnya.
 

Cross breeding atau perkawinan silang antara jenis kenari yang saling memiliki keunggulan termasuk salah satu cara yang sering dilakukan oleh para penangkar kenari untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari burung kenari tersebut atau dengan kata lain untuk tujuan menghasilkan keturunan yang memiliki kualitas dan kecerdasan dan tidak mudah untuk kembali pada suara asli kenarinya (ngeleder).

Cross breeding untuk kenari
Jika dalam kawin silang ini penangkar ingin kenari dengan postur yang baik serta suara yang bagus, maka kenari yorkshire bisa digunakan sebagai salah satu indukannya, kenari yorkshire memang biasa digunakan sebagai salah satu indukan, karena selain memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, bentuk tubuhnya sangat ideal sebagai burung penyanyi yaitu ramping, tegak dengan gelembung suara di tenggorokannya yang besar. Dan untuk mendapatkan keturunan yang memiliki postur dan suara yang bagus, biasanya yorkshire ini di pasangkan dengan kenari sejenis border, frill, norwich, waterslagger ataupun kenari fusan. 

Yorkshire juga biasa digunakan sebagai indukan jika penangkarnya menginginkan kenari yang bersuara bagus dengan bulu-bulu yang indah, biasanya penangkar akan mengawinkan yorkshire dengan kenari warna misalnya, merah, kungin, hijau dan putih. dan hasil dari persilangan tersebut akan menghasilkan keturunan yang berwarna bon atau warna belang dengan karakter suara yang sama dengan indukannya yaitu memiliki suara yang kencang, kristal dan sangat variatif.


BLACKKEN ( BLACKTHROAT - KENARI )

Blackthroat yang banyak dijadikan sebagai master bagi burung kenarinya ternyata membuat para penangkar mencoba mengawinkan mereka dengan kenari, dan ternyata tidak sedikit juga peternak yang berhasil mengawinkan blackthroat dengan kenari ini, meski ukuran tubuh keduanya memiliki perbedaan yang nyata, dimana ukuran tubuh blackthroat lebih kecil dari ukuran tubuh kenari. Hasil silangan tersebut dikenal dengan nama black-ken 


Black-ken ini dihasilkan dari persilangan antara blackthroat jantan dengan kenari betina, yang tentu saja akan memiliki karakter suara yang lebih bagus dan mudah di latih terutama jika dimaster ulang dengan blackthroat lainnya. 

sumber argobur.com

-

Perkawinan silang memang bisa menghasilkan keturunan baru yang bisa lebih baik dari kualitas indukan, namun karena kebanyakan penangkar kita bersifat coba-coba serta jarangnya melakukan pencatatan yang rapi yang membuat kenari tersebut sulit dilacak asal-usulnya terutama untuk peternak lokalan. Mungkin sudah waktunya peternak kenari di Indonesia bergabung dalam satu wadah khusus, yang memberlakukan satu cincin khusus dengan kode-kode dan warna tertentu yang berisi informasi penangkar sehingga memudahkan kita dalam menelusur asal-usul kenari tersebut. 



Demikan tadi sedikit informasi yang dapat admin sampaikan semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat bagi kita suma terimakasintelah berkunjung di blog hargaburungkicau.blogspot.com. dan nantikan artiklel atau postingan kami karena admin akan mencoba update setiap waktunya untuk menambah wawasan admin khususnya dan ke pemabaca atau pengunjung pada umumnya.

No comments:

Post a Comment